asuransi kebakaran rumah terbaik

5 Asuransi Kebakaran Rumah Terbaik di Indonesia

Saat ini, banyak sekali perusahaan asuransi umum di Indonesia yang menawarkan produk asuransi kebakaran. Namun, manakah produk asuransi kebakaran rumah terbaik? Tentu saja tidak mudah untuk memilih mana produk asuransi kebakaran yang terbaik ini. Mengingat banyak sekali asuransi kebakaran di Indonesia. Namun untuk memudahkan  Anda dalam mencari produk asuransi kebakaran terbaik, simak saja penjelasan lengkapnya berikut ini.

Apa Itu Asuransi Kebakaran Rumah Terbaik?

Asuransi kebakaran merupakan asuransi yang menanggung segala resiko kebakaran atas rumah, kantor, pabrik, atau harta benda lainnya. Selain terbakar, asuransi kebakaran ini juga meliputi asuransi tersambar petir, terkena ledakan, dan kejatuhan pesawat terbang.

Selain bangunan, asuransi risiko kebakaran ini juga menjamin risiko isi bangunan, seperti perabotan rumah tangga, perlengkapan rumah, mesin barang dagangan, persediaan barang jadi, dan lain sebagainya.

Produk Asuransi Kebakaran Rumah Terbaik

Pada umumnya, jaminan pokok asuransi untuk kebakaran rumah untuk setiap perusahaan asuransi itu sama, yakni meliputi kebakaran, petir, ledakan, dan kejatuhan pesawat terbang. Sementara itu, jaminan perluasannya adalah kerusuhan, pemogokan, kerusakan yang diakibatkan oleh perbuatan jahat, angin topan, hingga kehilangan keuntungan.

Namun, setiap perusahaan mengklaim bahwa sudah memiliki sejumlah keunggulan untuk setiap produk asuransi yang ditawarkannya tersebut. Berikut ini adalah sejumlah perusahaan asuransi yang menawarkan produk asuransi untuk risiko kebakaran di Indonesia.

1. Asuransi Umum BCA

Asuransi Umum BCA atau yang sering disebut dengan BCA Insurance ini mengklaim bahwa perusahaannya memiliki sejumlah keunggulan. Dimana keunggulan ini difokuskan pada produk asuransi kebakaran.

Untuk produk asuransinya sendiri adalah premi yang cukup terjangkau. Selain itu, pihaknya juga memberikan kemudahan pembayaran premi asuransi melalui auto debet rekening. Selain itu, keunggulan dari produk asuransi kebakaran dari BCA Insurance ini diantaranya adalah prosesnya sangatlah mudah dan cepat.

Tidak hanya itu, bahkan proses asuransinya dilakukan tanpa melalui survey terlebih dahulu. Sebagai catatan, bahwa untuk rumah yang bisa diasuransikan adalah rumah yang berada di komplek perumahan dan jalan depan rumah dapat dilalui oleh 2 mobil penumpang.  Selain itu, pihak BCA Insurance juga menyediakan pilihan jaminan perluasan yang bisa Anda sesuaikan dengan kebutuhan. Terlebih untuk memaksimalkan perlindungan Anda.

2. Asuransi Allianz Utama Indonesia

Asuransi Allianz Utama Indonesia atau Allianz ini merupakan salah satu jenis asuransi yang memiliki produk asuransi kebakaran. Asuransi kebakaran yang ditawarkan meliputi kebakaran untuk bangunan, termasuk dengan dinding, atap, lantai, garasi, serta pagar rumah.

Selain itu, asuransi dari Allianz ini juga memiliki polis kebakaran yang bernama Rumahku Plus Householder. Tujuannya adalah untuk memberikan perlindungan untuk isi dari bangunan tempat tinggal Anda, termasuk dengan semua peralatan elektronik, serta furnitur yang ada di rumah tinggal Anda tersebut. Anda juga bisa memilih salah satu dari polis yang sudah ditawarkan tersebut, atau juga bisa memilih keduanya, sesuai dengan kebutuhan Anda.

3. Asuransi AXA

Asuransi Umum AXA Indonesia memiliki produk AXA Smart Home yang menjamin risiko kerugian atau kerusakan sebuah bangunan beserta perabot rumah tangga, dan barang berharga lainnya. Selain itu, jika rumah Anda tersebut tidak bisa dihuni lagi akibat kerugian atau kerusakan kebakaran, dan Anda harus mencari tempat tinggal sementara. Maka, produk AXA SmartHome ini akan mengganti semua biaya akomodasi yang Anda perlukan tersebut.

4. Asuransi Adira

Asuransi Adira ini memiliki produk bernama Asuransi Rumah Tinggal. Asuransi ini memiliki dua paket, yakni Paket Maximum dan Paket Standar.

  • Paket Maximum ini akan menjamin hampir seluruh risiko akan kebakaran yang terjadi. Sementara,
  • Paket Standar hanya menjamin beberapa resikonya saja

Selain itu, keunggulan dari Asuransi Rumah Tinggal ini adalah dimana Anda bisa membeli asuransi tersebut secara online. Untuk pembeliannya sendiri bisa Anda lakukan melalui website resmi dari Adira.  Anda juga bisa mendapatkan polis elektronik atau e-polis asuransi  rumah ,langsung ke email yang sudah Anda daftarkan sebelumnya. Apabila Anda memang membeli produk asuransi ini melalui situs web.

5. Asuransi Sinarmas

Asuransi Sinar Mas ini memiliki produk yang bernama Sinar Rumah Hemat ++. Asuransi ini memberikan 7 jaminan tambahan yang bisa memberikan penggantian atas kerugian yang terkait dengan beberapa hal, diantaranya adalah:

  • Kecelakaan diri sendiri
  • Biaya untuk pengobatan
  • Tanggung jawab hukum untuk pihak ketiga
  • Biaya tempat tinggal sementara, serta biaya pembersihan puing-puing kebakaran
  • Terakhir adalah penambahan objek pertanggungan dan pengabaian penilaian pertanggungannya

Baca Juga : 5+ Rekomendasi Asuransi Pendidikan Syariah Terbaik

Hal yang Harus Diperhatikan Sebelum Membeli Produk Asuransi

Perlu diketahui, bahwa Anda perlu teliti sebelum memutuskan untuk membeli produk asuransi kebakaran. Melalui situs resminya, Otoritas Jasa Keuangan (OJK) yang berlaku sebagai regulator industri asuransi menyarankan beberapa hal yang perlu diperhatikan sebelum mendaftar asuransi kebakaran.

Saran yang dimaksudkan oleh OJK itu diantaranya adalah:

  • Mempelajari dengan baik proposal penawaran yang diajukan oleh agen atau broker, terlebih atas risiko yang dijaminkan atau yang tidak dijaminkan. Selain itu, persyaratan apapun juga harus dipenuhi, mulai dari cara pembayaran preminya, kewajiban tertanggung dalam hal terjadi kerugian atau kerusakan.
  • Memastikan akan kesehatan keuangan dari perusahaan asuransi akan menjamin risiko kebakaran tersebut.
  • Menanyakan kartu keagenan dari pihak agen yang sudah menawarkan, jika memang Anda mendapatkannya melalui jasa agen.
  • Membaca kontrak atau polisnya secara seksama. Selain itu, Anda juga bisa menanyakan kepada agen atau pihak perusahaan jika memang terdapat keraguan atas kondisi polis yang akan ditawarkan pada Anda tersebut.
  • Terakhir, mintalah diadakan sebuah perubahan jika memang terdapat kesalahan data dalam polis yang diberikan tersebut.

Selain yang disebutkan diatas, jangan lupa juga untuk mengisikan Surat Permohonan Penutupan Asuransi (SPPA) dengan menggunakan data yang valid, yang dilakukan secara lengkap. Selain itu, tandatangani surat SPPA ini, sebagai bukti bahwa Anda adalah calon tertanggung.

Data yang dibutuhkan untuk pengajuan asuransi kebakaran rumah terbaik ini, diantaranya adalah seperti berikut ini:

  • Jenis objek pertanggungan
  • Konstruksi bangunan
  • Okupasi objek pertanggungan
  • Jenis kegiatan yang tertanggung
  • Surrounding risk
  • Sarana yang berasal dari lokasi objek pertanggungan
  • Luas jaminan yang sedang diminta
  • Nilai pertanggungan
  • Periode pertanggungan, serta
  • Loss record, atau pengalaman klaim polis asuransi

Proses dalam membantu para surveyor yang berasal dari perusahaan asuransi ini dilakukan jika memang telah ada pihak yang ditunjuk untuk melakukan survey ke sebuah objek asuransi, sebelum penutupan asuransi dilakukan. Pada dasarnya, setiap perusahaan asuransi akan menawarkan produk asuransi kebakaran rumah terbaik berdasarkan keunggulan yang dimiliki oleh masing-masing perusahaan.

Namun, yang bisa Anda lakukan hanyalah melakukan banyak sekali pertimbangan dan mendasarinya, sesuai kebutuhan Anda sendiri. Hal-hal tersebut tentunya bisa terkait dengan budget, jumlah tanggungan dalam properti, lokasi properti, dan lain sebagainya.

Untuk itu, tentukanlah secara seksama produk asuransi kebakaran mana yang akan Anda pilih. Tujuannya adalah agar Anda tidak sampai salah dalam memilih produk asuransi, dan tidak sampai menyia-nyiakan budget yang Anda miliki.

Selain semua hal diatas yang perlu Anda perhatikan, masih ada banyak sekali hal penting lainnya yang perlu Anda ketahui mengenai asuransi kebakaran rumah terbaik ini. Mulai dari perluasan jaminan dalam asuransi kebakaran, hingga bagaimana cara klaim asuransi kebakaran tersebut.